PROPOSAL TESIS PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM

PENDAHULUAN
 
A.     Latar Belakang Masalah
Kehidupan sosial budaya suatu masyarakat merupakan sistem terbuka yang di dalamnya selalu terjadi interaksi dengan sistem – sistem yang lainnya. Kondisi seperti ini mendorong terjadinya pertumbuhan, pergeseran, dan perubahan nilai dalam masyarakat yang kemudian akan turut mewarnai pola pikir dan perilaku setiap individu.
Berdasarkan hal tersebut, dapat dikatakan bahwa karakter suatu masyarakat merupakan cerminan dari masing-masing individunya, termasuk didalamnya adalah para remaja, sebagai generasi penerus. Jika karakter yang diwarisinya positif, tentu tidak akan menjadi suatu masalah, namun jika yang terjadi itu sebaliknya, bahwa suatu masyarakat mewarisi karakter negatif kepada generasi selanjutnya, maka hal tersebut akan menjadi masalah yang serius karena hal tersebut turut mempengaruhi maju mundurnya suatu masyarakat, yang merupakan bagian dari bangsa secara luas.
Hal tersebut terjadi pada sebagian masyarakat di kecamatan Palasah, Kabupaten Majalengka. Masih terdapat komunitas masyarakat yang kurang memiliki kesadaran akan pentingnya pendidikan dan kegiatan menuntut ilmu sebagai salah satu bentuk ibadah, bahkan mayoritas intelektual muslim meyakini bahwa kegiatan belajar dan menuntut ilmu merupakan integritas ibadah yang turut mempengaruhi dan menentukan kemajuan suatu bangsa. Namun tampaknya tidak semua masyarakat Indonesia sependapat dengan hal itu.

0 komentar " PROPOSAL TESIS PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM ", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar

Google+

Followers