MAKALAH PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK


A. Perkembangan Peserta Didik
            Perkembangan mengacu pada bagaimana seorang tumbuh, beradaptasi, dan berubah disepanjang perjalanan hidupnya. Orang tumbuh, beradaptasi, dan berubah melalui perkembangan fisik, perkembangan kepribadian, perkembangan sosioemosional (sosial dan emosi), perkembangan kognitif (berpikir), dan perkembangan manusia menurut teori Piaget (kognitif dan moral) serta teori perkembangan kognitif menurut Lev Vygotsky.
            Berikut ini kita membahas perkembangan peserta didik, antara lain:
1.  Perkembangan Fisik Peserta Didik
            Peserta didik (anak-anak) bukan miniatur dari orang dewasa. Mereka berpikir dengan cara yang berbeda, mereka melihat dunia dengan cara yang berbeda, dan mereka hidup dengan prinsip-prinsip moral dan etika yang berbeda dengan apa yang dipikir/dianut oleh orang dewasa.
      Peserta didik di  SD berada dalam periode peralihan dari pertumbuhan cepat masa anak-anak ke suatu fase perkembangan yang lebih lambat. Ukuran tubuh anak relatif kecil perubahannya selama tahun-tahun di SD. Pada usia 9 tahun tinggi dan berat badan anak laki-laki dan perempuan kurang lebih sama.
   Pada akhir kelas  empat, pada umumnya anak perempuan mulai mengalami lonjakan pertumbuhan. Lengan dan kaki mulai tumbuh cepat. Pada akhir kelas lima, umumnya anak perempuan lebih tinggi, lebih berat dan lebih kuat dari pada anak laki-laki.  Anak laki-laki memulai lonjakan pertumbuhan pada usia sekitar 11 tahun.  Pada awal kelas enam anak perempuan mendekati puncak tertinggi pertumbuhan. Pubertas pada anak perempuan ditandai dengan menstruasi, umumnya dimulai pada usia 12-14 tahun.  Sedang anak laki-laki memasuki masa pubertas dengan ejakulasi terjadi pada usia sekitar 13 -16 tahun.
      Perkembangan fisik selama masa remaja dimulai dari masa pubertas. Pada masa ini terjadi perubahan fisiologis yang mengubah manusia yang belum mampu bereproduksi menjadi mampu bereproduksi. Hampir setiap organ atau sistem tubuh dipengaruhi oleh perubahan-perubahan ini. Meskipun urutan kejadian pubertas itu  sama untuk tiap orang, namun waktu  dan kecepatan berlangsungnya kejadian itu bervariasi. Anak perempuan memulai perubahan pubertas 1,5 hingga 2 tahun lebih cepat dari anak laki-laki. Kecepatan perubahan itu juga bervariasi, ada yang perlu waktu 1,5 hingga 2 tahun untuk mencapai kematangan reproduksi, tetapi ada yang memerlukan waktu 6 tahun.

DOWNLOAD SELENGKAPNYA

0 komentar " MAKALAH PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK ", Baca atau Masukkan Komentar

Poskan Komentar

Google+

Followers