A. LATAR
BELAKANG
Kualitas
merupakan salah satu hal yang menjadi pertimbangan masyarakat dalam memilih
sebuah produk. Begitu juga dengan produk-produk hasil pendidikan. Produk
(lulusan) yang berkualitas akan lebih bisa diterima dengan baik oleh
masyarakat. Peluang mereka untuk bersaing di masyarakat pun akan semakin
terbuka lebar.
Untuk
dapat menghasilkan suatu produk (lulusan) yang berkualitas pada pendidikan,
khususnya pada pendidikan tingkat sekolah dasar (SD/MI), dibutuhkan pula
pembelajaran yang berkualitas di dalamnya. Kegiatan pembelajaran yang
berkualitas tersebut akan dapat tercapai apabila kegiatan pembelajaran tersebut
membuat siswa sekolah dasar menjadi aktif, kreatif, dan senang belajar.
Dewasa
ini, untuk dapat menempatkan siswa sebagai subjek aktif dan proses pembelajaran
menjadi lebih hidup, telah dikembangkan Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan
Menyenangkan (PAKEM) di SD/MI, khususnya pada pembelajaran Aqidah Akhlak.
Dengan adanya PAKEM ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan aktivitas
siswa dalam proses belajar mengajar. Bahkan dengan berorientasi pada
pembelajaran yang mengaktifkan siswa ini, pendidik diharapkan mampu membentuk
kesalehan pribadi dan sekaligus kesalehan social dengan meningkatkan keimanan,
pemahaman, penghayatan dan pengalaman peserta didik tentang agama islam,
sehingga dapat menghasilkan produk pendidikan yang berkualitas dan
berakhlakulkarimah.
Berdasarkan
pertimbangan di atas, dalam makalah ini penulis akan memaparkan “Strategi
Pembelajaran Aqidah Akhlak yang Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan” yang
diharapkan dapat digunakan sebagai referensi pembelajaran Aqidah Akhlak yang
aktif kreatif efektif dan menyenangkan.
0 komentar " MAKALAH : STRATEGI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK YANG AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN ", Baca atau Masukkan Komentar
Posting Komentar