MAKALAH : STRATEGI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK YANG AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN


A.       LATAR BELAKANG
Kualitas merupakan salah satu hal yang menjadi pertimbangan masyarakat dalam memilih sebuah produk. Begitu juga dengan produk-produk hasil pendidikan. Produk (lulusan) yang berkualitas akan lebih bisa diterima dengan baik oleh masyarakat. Peluang mereka untuk bersaing di masyarakat pun akan semakin terbuka lebar.
Untuk dapat menghasilkan suatu produk (lulusan) yang berkualitas pada pendidikan, khususnya pada pendidikan tingkat sekolah dasar (SD/MI), dibutuhkan pula pembelajaran yang berkualitas di dalamnya. Kegiatan pembelajaran yang berkualitas tersebut akan dapat tercapai apabila kegiatan pembelajaran tersebut membuat siswa sekolah dasar menjadi aktif, kreatif, dan senang belajar.
Dewasa ini, untuk dapat menempatkan siswa sebagai subjek aktif dan proses pembelajaran menjadi lebih hidup, telah dikembangkan Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) di SD/MI, khususnya pada pembelajaran Aqidah Akhlak. Dengan adanya PAKEM ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar. Bahkan dengan berorientasi pada pembelajaran yang mengaktifkan siswa ini, pendidik diharapkan mampu membentuk kesalehan pribadi dan sekaligus kesalehan social dengan meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan dan pengalaman peserta didik tentang agama islam, sehingga dapat menghasilkan produk pendidikan yang berkualitas dan berakhlakulkarimah.

Berdasarkan pertimbangan di atas, dalam makalah ini penulis akan memaparkan “Strategi Pembelajaran Aqidah Akhlak yang Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan” yang diharapkan dapat digunakan sebagai referensi pembelajaran Aqidah Akhlak yang aktif kreatif efektif dan menyenangkan.

0 komentar " MAKALAH : STRATEGI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK YANG AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN ", Baca atau Masukkan Komentar

Poskan Komentar

Google+

Followers