MAKALAH FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM


BAB I
PENDAHULUAN
1.      Latar belakang
Fenomena perkembangan abad mutakhir menghendaki adanya suatu system pendidikan yang komprehensif. Karena perkembangan masyarakat dewasa ini menghendaki adanya pembinaan siswa /santri yang dilaksanakan secara seimbagan antara nilai dan sikap , pengatahuan, kecerdasan , keterampilan , kemampuan komunikasi, dan kesadaran akan ekologi lingkungan. Dengan kata lain, seimbang antara IPTEK (Ilmu pengetahuan dan teknologi ) dan IMTAQ (Iman dan Takwa) yakni meliputi IQ (intelectual Quotient), EQ (Emotional Quotient), dan SQ (Social Quotient)

            Dengan tujuan menjadikan manusia tidak hanya berintelektual tingggi, tetapi juga memilki akhlak mulia. Maka adanya suatu penataan pendidikan islam secara kontemporer. Maka pemakalah akan memaparkan bagaimana penataan islam secara kontemporer..
2.     Rumusan masalah
Dari uraian diatas penulis mempunyai rumusan masalah yakni:
    1. Bagaimana menata Ruang Lingkup menurut format Filsafat pendidikan islam ?
    2. Bagaimana Konsef islam menurut format Filsafat pendidikan islam  ?
    3. Bagaimana Dasar Pelaksanaan Filsafat menurut format Filsafat pendidikan islam ?
3.            Tujuan
Tujuan Umum :
                                                  “Untuk mengetahui Filsafat Pendidikan  Islam.”
Tujuan Khusus :
1. Untuk mengidentifikasi Ruang Lingkup Islam menurut format  Filsafat pendidikan islam.
2. Untuk mengetahui Konsef islam menurut format Filsafat pendidikan islam.
3. Untuk mengetahui Dasar Pelaksanaan Filsafat pendidikan islam        
4. Memenuhi salah satu tugas mata kuliah filsafat pendidikan islam.
BAB II
PEMBAHASAN


2.1. PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM


A. Pengertian filsafat Pendidikan Islam

Istilah "filsafat" dapat ditinjau dari dua segi, yakni:segi semantic: kata filsafat berasal dari bahasa arab "falsafah" yang berasal dari bahasa yunani,"fhilosophia", yang berarti philos artinya cinta,suka dan Sophia artinya pengetahuan,hikmah.jadi "philoshopia"berarti cinta kepada kebijaksanaan,kearifan atau cinta kepada kebenaran.
Segi praktisnya:filsafat berarti alam pikiran.filsafat adalah hasil akal manusia yang mencari dan memikirkan suatu kebenaran dengan sedalam-dalamnya.Dengan kata lain filsafat adalah ilmu yang mempelajari dengan sunguh-sunguh hakikat kebenaran segala sesuatu.
Berbagai pendapat para ahli yang mencoba merumuskan pengertianfilsafat pendidikan islam.Muzayyin Arifin bependapat tentang filsafat pendidikan islam adalah konsep berfikir tentang kependidikan yang bersumberkan atau berlandaskan ajaran-ajaran agama islam hakekat kemampuan manusia untuk dapat dibina dan dikembangkan serta dibimbing menjadi manusia muslim yang seluruh pribadinya dijiwai oleh agama islam.Definisi ini memberi kesan bahwa filsafat pendidikan islam sama dengan filsafat pada umumnya.Dalam arti bahwa filsafat pendidikan islam mengkaji tentang berbagai masalah yang ada hubungannya dengan pendidikan,seperti manusia sebagai subyek dan obyek pendidikan,kurikulum,metode,lingkungan,guru,dan sebagainya.Bedanya dengan filsafat pendidikan pada umumnya adalah bahwa didalam filsafat pendidikan islam,semua masalah kependidikan tersebut selalu didasarkan pada ajaran islam yang bersumberkan al-quran da al-hadist.Denag kata lain bahwa kata islam yang mengiringi kata filsafat pendidikan itu menjadi sifat,yakni sifat dari filsafat pendidikan tersebut.
Ahmad d.marimba mengatakan bahwa filsafat pendidikan islam bukanlah filsafat pendidikan tanpa batas.
Adapun pendapat Omar Muhammad al-tomy al-saibany: menurutnya bahwa filsafat pendidikan islam tidak lain ialah pelaksanaan pandangan filsafat dari kaidah filsafat islam dalam bidang pendidikan yang  didasarkan dalam ajaran islam.
Dari pendapat-pendapat diatas dapat kita ketahui bahwa filsafat pendidikan islam itu merupakan kajian secara filosofis mengenai berbagai masalahyang terdapat dalam kegiatan pendidikan yang didasarkan pada al-quran dan al-hadist sebagai sumber primer,dan pendapat para ahli, khususnya para filosofis muslim,sebagai sumber sekunder.Selain itu filsafat pendidikan islam dapat pula dikatakan suatu upaya menggunakan jasa filsafat,yakni berfikir secara mendalam,sistematik.Filsafat pendidikan islam secara singkat dapat dikatakan adalah filsafat pendidikan yang berlandaskan ajaran islam atau filsafat pendidikan yang di jiwai oleh ajaran islam.Jadi ia bukan filsafat yang bercorak liberal,bebas, tanpa batas etika sebagaimana dijumpai dalam pemikiran filsafat pada umumnya.


4 komentar :

Google+

Followers