STRATEGI HIDUP DI MASA MODERN


BAB I     PENDAHULUAN

1.1      Latar Belakang
Setiap anggota masyrakat harus memiliki sikap modern, hal ini merupakan suatu persyaratan dalam proses pembangunan yang berkelanjutan. Pembangunan yang berkelanjutan akan dapat mencapai  tujuannya secara efektif dan efesien mana-kala mayoritas masyarakatnya menghayati (internalisasi) sikap modern. Dengan kata lain kalau dalam suatu negara atau masyarakat melaksanakan pembangunan yang mengarah kepada pembaharuan berarti modernisasi harus dijalankan, yang didukung oleh sikap modern  warga masyarakat.

Sampai saat sekarang  dan juga masa yang akan datang pengertian modern bagi banyak orang tidak dipahami dengan baik. Salah satu faktor yang menyebabkannya adalah generasi demi generasi selalu saja bermunculan. Untuk itu mereka harus belajar tentang banyak hal, termasuk belajar memahami pengertian modern. Sebagai contoh adalah penulis sendiri, terlambat menemukan pengertian modern, yakni setelah berada di jenjang perguruan tinggi. Penulis berharap dengan tulisan ini bermanfaat bagi pembacanya, baik untuk kepentingan pemenuhan tugas ataupun untuk menuliskan ide dan gagasan.
1.2   Rumusan Masalah
Berdasarkan paparan pada latar belakang masalah terdapat suatu hal bahwa, masalah yang saya angkat merupakan masalah yang layak untuk saya angkat pada makalah ini. Masalah yang disusun dalam kaitannya merupakan titik tolak dilaksanakannya penyusunan makalah ini. Dengan demikian dalam makalah ini yang menjadi masalah adalah            “ Strategi Hidup Di Masa Modern “ ?.  Dari masalah tersebut, dapat dirumuskan sub masalah sebagai berikut :
1.  Apakah devinisi strategi hidup ?
2.  Apakah devinisi masa modern/modernisasi ?
3.  Apakah pengertian strategi hidup di masa modern ?
4.  Apa saja dampak masa modern/modernisasi bagi kehidupan ?
5.  Apa saja strategi hidup untuk menghadapi masa modern ?

1.3    Tujuan
Tujuan penyusunan makalah ini adalah untuk mendapatkan informasi yang sejelas-jelasnya tentang “ Strategi Hidup Di Masa Modern “. Sedangkan informasi yang diperlukan adalah :
1.  Devinisi dari strategi hidup.
2.  Devinisi dari masa modern/modernisasi.
3.  Pengertian strategi hidup di masa modern.
4.  Dampak masa modern/modernisasi bagi kehidupan.
5.  Strategi hidup untuk menghadapi masa modern.
1.4    Manfaat
Harapan utama disusunnya makalah ini pada dasarnya adalah untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai Strategi Hidup Di Masa Modern. Dengan demikian saya berharap agar makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak dan khususnya bagi saya selaku penyusun makalah ini, Dosen dan segenap personalia STKIP Singkawang. Manfaat yang dapat diharapkan adalah sebagai berikut :
1.     Manfaat Teoritis
a.  Memberikan gambaran dan informasi yang dapat dijadikan sebagi bahan pengembangan ilmu pendidikan khususnya pendidikan bahasa dan sastra indonesia yang menitik beratkan  pada pembahasan tentang Strategi Hidup Di Masa Modern sehingga dapat dimengerti dan paham.
b.  Hasil makalah ini secara teoritis memberikan sumbangan ilmu pendidikan yang cukup besar, memperkaya wacana untuk pengembangan wawasan pendidikan dan peserta didik khususnya pada mata kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar.
2.     Manfaat Praktis
a.  Hasil makalah ini dapat dijadikan tolak ukur sejauh mana keberhasilan penerapannya.
b.  Hasil makalah ini dapat dijadikan sebagai bahan untuk pengembangan diri.
c.   Hasil makalah ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi ulang terhadap pembelajaran Ilmu Sosial Budaya Dasar materi Strategi Hidup Di Masa Modern.
d.  Hasil makalah ini juga dapat dijadikan bahan bacaan di kampus guna meningkatkan program layanan pembelajaran sebagai aspek kajian yang nantinya dapat bermanfaat bagi perkuliahan.

0 komentar " STRATEGI HIDUP DI MASA MODERN ", Baca atau Masukkan Komentar

Poskan Komentar

Google+

Followers