Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup


BAB I
PENDAHULUAN



1.1.  Latar Belakang Masalah
Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas diperlukan strategi-strategi pembelajaran yang diharapkan mampu memperbaiki sistem pendidikan yang telah berlangsung selama ini. Salah satu tolok ukur keberhasilan guru adalah bila dalam pembelajaran mencapai hasil yang optimal. Keberhasilan ini sangat dipengaruhi oleh kemampuan guru untuk mengelola proses belajar mengajar.
Komunikasi dua arah secara timbal balik sangat diharapkan dalam proses belajar mengajar, demi tercapainya interaksi belajar yang optimal, yang pada akhirnya membawa kepada pencapaian sasaran hasil belajar yang maksimal. Untuk mencapai kondisi yang demikian maka perlu adanya fasilitator yaitu guru, yang memiliki kemampuan untuk menciptakan situasi belajar yang melibatkan siswa secara aktif sekaligus membangun motivasi siswa. Upaya yang dapat dilakukan antara lain dengan menerapkan pembelajaran dengan berbagai metode.

1
 
Pada penelitian ini, peneliti memberikan solusi kepada guru Biologi untuk menggunakan pembelajaran kooperatif karena dari beberapa penelitian sebelumnya tentang pengaruh kooperatif terhadap hasil belajar menunjukkan bahwa hasil belajar akademik pada kelas individual atau kompetitif (Suryosubroto, 2002). Pembelajaran kooperatif memiliki dampak yang positif terhadap siswa yang rendah hasil belajarnya, karena pembelajaran ini dapat meningkatkan motivasi, hasil belajar dan penyimpanan materi pelajaran yang lemih lama (Nur dkk, 2000).
Materi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah materi pokok klasifikasi makhluk hidup. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan materi ini dianggap sulit untuk dipahami oleh siswa. Selain itu, dalam materi ini banyak terdapat nama-nama ilmiah sehingga siswa cukup kesulitan untuk memahaminya. Pembelajaran yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW.
Model pembelajaran kooperatif JIGSAW mempunyai pendekatan pembelajaran yang menekankan kepada keaktifan siswa yang berbentuk kelompok, seperti dikatakan oleh Nurhadi (2004:64) yaitu “melalui metode JIGSAW kelas dibagi menjadi beberapa team yang anggotanya terdiri 4 atau 5 siswa dengan karakteriktik yang hoterogen.
Dalam pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW siswa yang memiliki kemampuan rendah karena dalam pembelajaran JIGSAW semua anggota saling membantu, demikian diungkapkan oleh Abdurrahman (1999:123) dalam kelompok belajar semua anggota harus saling membantu, sehingga dapat membentuk suatu hubungan yang erat yaitu dalam mempelajari klasifikasi makhluk hidup dibutuhkan minat belajar yang tinggi. Sementara itu, dalam belajar dibutuhkan aktivitas yang berorientasi kepada siswa, maka dapat dipahami bahwa model pembelajaran kooperatif JIGSAW dikembangkan dalam usaha meningkatkan aktivitas siswa. Sehubungan dengan itu jika model pembelajaran kooperatif JIGSAW diterapkan dalam kelas diharapkan akan membawa pengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa.

DOWNLOAD

0 komentar " Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup ", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar

Google+

Followers