UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PENGUATAN POSITIF DAN NEGATIF MATERI PERMAINAN SEPAK BOLA


BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Peningkatan mutu pendidikan khususnya di Sekolah Dasar merupakan fokus perhatian dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Sekolah dasar adalah satuan pendidikan formal pertama yang mempunyai tanggungjawab tersebut. Tenaga pendidikan mempunyai peranan penting dalam mencapai tujuan yang ditetapkan. Untuk itu kualitas profesi tenaga kependidikan perlu ditingkatkan. Dengan demikian pendidik memiliki kompetensi dalam pembelajaran  sehingga peserta didik mencapai hasil belajar yang maksimal.
Pembelajaran merupakan suatu proses  yang mencakup kegiatan belajar dan mengajar. Kegiatan belajar adalah kegiata aktif siswa untuk suatu peristiwa. Sedangkan, kegiatan mengajar merupakan upaya kegiatan menciptakan suasana yang mendorong inisiatif, motivasi dan tanggungjawab pada siswa untuk selalu menerapkan seluruh potensi diri dalam membangun gagasan melalui kegiatan belajar sepanjang hayat. Gagasan diri akan membentuk keterampilan, sikap, dan perilaku sehari-hari sehingga siswa akan berkompeten dalam bidang yang dipelajarinya (Sudjatmiko, 2003: 10).
Pembelajaran dikatakan berhasil apabila siswa mencapai dalam penguasaan materi. Tingkat penguasaan materi biasanya dinyatakan dalam nilai. Siswa dinyatakan berhasil dalam penguasaan materi apabila siswa mencapai nilai sesuai yang disaratkan dalam Kriteria Ketuntaan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah tersebut, dalam hal ini SD.
Keberhasilan pembelajaran tidak terlepas dari metode, strategi pembelajaran, media pembelajaran yang digunakan, serta unsure-unsur ekstrinsik lain luar siswa yang ikut mendukungnya. Disamping itu, pengalaman belajar siswa diperoleh dari dalam maupun di luar kelas. Siswa akan lebih mudah memahami  suatu prinsip dan konsep bila dalam belajar siswa dapat menggunakan sebanyak mungkin indera untuk berinteraksi dengan isi pembelajaran  (Depdiknas, 2003 : 14)
Penggunaan media dan metode dalam pembelajaran harus  relevar dengan materi yang disampaikan. Penggunaan media tidak dilihat atau dinilai dari segi kecanggihan medianya, tetapi yang lebih penting adalah fungsinya dan peranannnya dalam membantu mempertinggi proses pembelajaran (Sudjana, 2002). Demikian juga dalam penggunaan metode pembelajaran. Metode dikatakan efektif  bila memungkinkan siswa untuk terlibat secara aktif, kreatif serta menyenangkan.

0 komentar " UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PENGUATAN POSITIF DAN NEGATIF MATERI PERMAINAN SEPAK BOLA ", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar

Google+

Followers