PENGARUH NEGATIF PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang

Bahasa adalah ilmu yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam berkomunikasi dengan orang lain. Tentunya kita harus bisa menggunakan bahasa yang sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan. Dalam perkembangan teknologi yang semakin maju seperti sekarang ini sangatlah berpengaruh besar bagi masyarakat yaitu mulai terkontaminasi bahasa yang mengalami keterpurukan karena kemunculan dari kenegatifan bahasa yang digunakan tersebut dan juga bisa merubah makna dan arti yang ada.
Bahasa Indonesia yang seharusnya sebagai bahasa nasional yang harus kita junjung tinggi tersebut telah mengalami penyimpangan dari segi tata bahasa penulisannya maupun pelafalannya. Hal ini salah satunya disebabkan pengaruh perkembangan teknologi informasi yang pesat telah membuat suatu bahasa baku menjadi tidak baku dalam penulisannya dan pengaruhnya semakin meningkat meninggalkan norma yang berlaku sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan.
Kita ketahui sebenarnya sejak dari dulu teknologi informasi sudah ada atau manusia sudah menggunakan teknologi. Seorang menggunakan teknologi karena manusia berakal, dengan adanya akal ia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih aman dan lain sebagainya. Perkembangan teknologi terjadi karena seseorang menggunakan akalnya untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya.
Pada satu sisi perkembangan dunia teknologi informasi yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis.
Tapi di sisi lain teknologi informasi juga memiliki sisi negatif bagi perkembangan bahasa Indonesia, banyak media-media komunikasi yang digunakan tanpa memakai bahasa baku yang menurut mereka menjadi lebih efektif dan efisien seperti facebook, e-mail, SMS (Short Message Service) dan lain sebagainya. Kita bisa lihat dari penggunaan kata yang relatif mengikuti perkembangan zaman.

B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan konsep latar belakang di atas, maka makalah akan menyajikan pembahasan sebagai berikut :
Bagaimana sejarah perkembangan teknologi informasi?
Apa pengaruh negatif perkembangan teknologi informasi terhadap bahasa Indonesia?

DOWNLOAD BACA SELENGKAPNYA


0 komentar " PENGARUH NEGATIF PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA ", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar

Google+

Followers