PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM

MAKALAH PSIKOLOGI KOGNITIF


I. PENDAHULUAN
Para peneliti telah mempelajari perilaku dan proses belajar mahasiswa. Beberapa dianataranya menekankan pada proses informasi, dimana proses belajar bersumber dari teori kemanusiaan. Sementara yang lainnya menekankan pada pendekatan belajar, dimana proses belajar diperoleh dari hasil analisis mengenai siswa baik secara kulaitas maupun kuantitas.
Berdasarkan hal tersebut, tujuan makalah ini adalah untuk menggali hubungan di antara dua paradigma penelitian yang saling bertentangan, yaitu penelitian kognitif dengan eksperimen, dan mengevaluasi apakah salah satu diantaranya dapat memberikan kontribusi pada pemahaman perilaku belajar siswa. Untuk menjawab tujuan tersebut, konsep LOP dan SAL dapat diterapkan.

II. PEMBAHASAN

Deskripsi Model Dual Store
Model Dual Store diperkenalkan oleh Atkinson dan Shifrin. Menurutnya, memori (ingatan) manusia terdiri dari tiga komponen, yaitu sensori register, ingatan jangka pendek, dan ingatan jangka panjang.
Memori jangka pendek berperan sebagai pusat pelaksana yang mengontrol gelombang informasi melalui system ingatan. Proses lebih jauh disiyaratkam bagi informasi dan memori jangka pendek menuju memori jangka panjang. Artinya, orang yang menyimpan informasi dalam memori jangka panjang berhasil mengubungkan dengan sesuatu yang ia ketahui.

Deskripsi Tingkatan Proses
Craik dan Lockhart mengembangkan model memori manusia berdasarkan
asumsi bahwa persepsi analisis stimulant pada berbagai jenjang. Model ini mengacu pada hirarki tahapan proses yang berlangsung terus-menerus.

DOWNLOAD BACA SETERUSNYA

0 komentar " PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM ", Baca atau Masukkan Komentar

Poskan Komentar

Google+

Followers