KARAKTERISTIK KEWIRAUSAHAAN

A.    KONSEP INTI KEWIRAUSAHAAN.

                Untuk memahami seseorang yang memiliki karakteristik kewiraushaan , coba sdr. amati  orang yang berprestasi dan menjadi juara  kelas, guru teladan, pengusaha yang berhasil, atlet yang berprestasi, bupati yang sukses membangun daerahnya dan sebagainya. Pertanyaannya mengapa mereka berhasil? Apa yang dilakukan mereka? Bagaimana komitmen mereka? Bagaimana motivasi mereka? Tujuan apa yang ingin dicapai mereka? Bagaimana cara mencapai tujuan tersebut?      Kemampuan apa yang mereka miliki ?
                Pertanyaan-pertanyaan tersebut untuk memudahkan kita merumuskan konsep atau pengertian kewirausahaan. Pengertian kewirausahaan sebenarnya melekat pada ciri-cirinya , yaitu  setiap  orang yang pandai meraih dan menciptakan peluang. Peluang-peluang tersebut diciptakan melalui penciptaan nilai-nilai tambah barang atau jasa (usaha untuk hidup) dengan cara menerapkan cirri-ciri yang melekat padanya.

B .  PENGERTIAN KEWIRAUSAHAAN.

                Wirausaha adalah seseorang yang  bebas dan memiliki kemampuan untuk hidup mandiri dalam menjalankan kegiatan usahanya  atau bisnisnya atau hidupnya. Ia bebas merancang, menentukan mengelola, mengendalikan semua usahanya.  Sedangkan kewirausahaan adalah suatu sikap, jiwa dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. Kewirausahaan meruapakan sikap mental dan jiwa yang selalu aktif atau kreatif berdaya,bercipta, berkarsa dan bersaahaja dalam berusaha dalam rangka meningkatkan pendapatan  dalam kegaitan usahanya atau kiprahnya. Seorang yang memiliki jiwa dan sikap wirausaha selalu tidak puas dengan apa  yang telah dicapainya. Dari waktu-ke waktu, hari demi hari,minggu demi minggu selalu mencari peluang untuk meningkatkan usaha dan kehidupannya. Ia selalu berkreasi dan berinovasi tanpa berhenti, karena dengan berkreasi dan berinovasi lah semua peluang dapat diperolehnya. 
                Wirausaha adalah orang yang terampil memanfaatkan peluang dalam mengembangkan usahanya dengan tujuan untuk meningkatkan kehidupannya. Pada hakekatnya semua orang adalah wirausaha dalam arti mampu berdiri sendiri dalam menjalankan usahanya dan pekerjaannya guna mencapai tujuan pribadinya, keluarganya, masyarakat , bangsa dan negaranya, akan tetapi banyak diantara kita yang tidak berkarya dan berkarsa untuk mencapai prestasi yang lebih baik untuk masa depannya, dan ia menjadi ketergantungan pada orang lain, kelompok lain dan bahkan bangsa dan Negara lainnya. Istilah kewirausahaan, kata dasarnya berasal dari terjemahan entrepreneur, yang dalam bahasa Inggris di kenal dengan between  taker atau go between. Pada abad pertengahan istilah entrepreneur digunakan untuk menggambarkan seseorang actor yang memimpin proyek produksi.

0 komentar " KARAKTERISTIK KEWIRAUSAHAAN ", Baca atau Masukkan Komentar

Poskan Komentar

Google+

Followers