MAKALAH KEPEMILIKAN DALAM ISLAM

BAB I
PENDAHULUAN
A.      LATAR BELAKANG
Dalam kehidupan ini, kita selalu dikelilingi oleh hal-hal yang sering kali kita klaim sebagai milik kita . Keluarga, rumah, pekerjaan, panca indera, harta, ilmu pengetahuan, keahlian dan lain sebagainya, semua itu kita sebut sebagai milik kita. Tapi benarkah itu semua milik kita? Memang terdapat berbagai perangkat keduniaan, semisal surat-surat resmi yang bisa menjadi bukti bahwa keluarga, pekerjaan, tanah itu adalah milik kita. Sehingga, kita memperlakukannya sesuai dengan selera dan nafsu duniawi kita, bukan disesuaikan dengan keinginan sang pemilik mutlak, yaitu Allah SWT.
Harta bukanlah satu-satunya jalan guna mewujudkan kebahagiaan dalam kehidupan. Memang tidak salah jika dikatakan bahwa kebahagiaan tidak selalu identik dengan harta. Tetapi jelaslah salah jika seorang manusia enggan bahkan tidak mau berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Karena hal ini erat kaitannya dengan kelangsungan hidupnya di dunia ini.
Manusia diutus di dunia ini untuk mengemban amanah suci, sebagai khalifah. Tentunya hal ini memerlukan bekal yang cukup guna kelangsungan hidup. Baik kebutuhan yang bersifat materi dan non-materi. Bila kebutuhan tercukupi, tentunya akan ada rasa tenang dalam beribadah kepada Sang Pencipta dalam menjalankan visi dan misinya sebagai khalifah di muka bumi.

B.       RUMUSAN MASALAH
1.      Bagaimana Konsep Kepemilikan
2.      Pengertian Kepemilikan
3.      Macam macam Kepemilikan Dalam Islam
4.      Hikmah Kepemilikan

C.      TUJUAN PENILISAN
1.      Agar dapat mengetahui tantang konsep Kepemilikan
2.      Agar dapat  Mengetahui Tentang Pengertian Kepemilikan
3.      Agar Mengetahui Macam macam Kepemilikan Dalam Islam
4.      Agar Mengetahui Hikmah Kepemilikan

0 komentar " MAKALAH KEPEMILIKAN DALAM ISLAM ", Baca atau Masukkan Komentar

Poskan Komentar

Google+

Followers