MAKALAH MANAJEMEN ALIH TEKNOLOGI


Seperti kita ketahui ilmu manajemen berkembang terus hingga saat ini. Ilmu manajemen memberikan pemahaman kepada kita tentang pendekatan ataupun tata cara penting dalam rneneliti, menganalisis dan memecahkan masalah-masalah. Tak terkecuali manajemen yang berkaitan dengan teknologi.
Kehidupan manusia sekarang ini telah memasuki zaman teknologi, suatu zaman dimana teknologi berperan sebagai agen perubahan penting. Hampir semua perubahan sosial, ekonomi dan budaya yang terjadi di masyarakat dewasa ini diakibatkan oleh teknologi. Dengan zaman yang semakin canggih dan serba modern ini, maka setiap negara dituntut untuk menggunakan teknologi mutakhir dalam mengembangkan industrinya. Teknologi merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia modern, sejak bangun tidur sampai tidur lagi ia tak bisa lepas dari teknologi. Manusia yang ‘melek’ teknologi mendapat kehormatan lebih dalam pergaulan dengan masyarakat. Demikian pula dalam konteks negara. Negara yang menguasai teknologi maju dirasakan memiliki gengsi lebih tinggi dalam pergaulan internasional. Tak heran bila kemudian negara-negara seolah berlomba untuk menjadi yang terdepan dalam penguasaan teknologi. Bagi negara-negara dunia ketiga, ini sama artinya dengan beralih bentuk menjadi negara industri. Teknologi adalah suatu perangkat atau sarana yang juga diperlukan dalam suatu proses pembangunan. Pada saat membangun gedung bertingkat, maka diperlukan teknologi. Demikian pula dalam membangun sarana transportasi (kapal, pesawat terbang, kereta api, dll.) maka diperlukan teknologi. Teknologi diperlukan dalam proses pembangunan, sehingga dalam proses pembangunan tersebut hasilnya (produknya) baik, tepat waktu, efesien, kompetitif (kualitas dan harga), dan lain sebagainya. Akan tetapi pada kenyataannya tidak semua negara memiliki teknologi yang modern (maju). Terdapat kesenjangan antara negara yang sudah maju yang memiliki teknologi yang canggih dengan negara berkembang yang teknologinya belum maju. Adanya perbedaan inilah yang menjadikan alih teknologi sebagai sarana dalam mengembangkan teknologi bagi negara berkembang.
Indonesia termasuk kategori negara berkembang dimana industrialisasi merupakan tujuan utama untuk dapat mencapai tingkat kesejahteraan yang lebih tinggi bagi rakyatnya, maka kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat berperan dalam pertumbuhan industri. Untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan waktu yang lama, biaya yang besar dan juga sumber daya manusia yang handal. Dalam era pembangunan dan modernisasi, negara berkembang memiliki hasrat besar untuk menguasai teknologi, selayaknya yang terjadi di negara-negara maju. Teknologi sering disamakan dengan teknik-teknik produksi atau alat-alat semata. Diasumsikan bahwa jika teknologi tersebut berhasil dalam negara tempat teknologi tersebut diciptakan dan dikembangkan, maka teknologi tersebut akan berhasil pula di daerah lain manapun.

DOWNLOAD

0 komentar " MAKALAH MANAJEMEN ALIH TEKNOLOGI ", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar

Followers