BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah
Dalam
rangka meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas diperlukan strategi-strategi
pembelajaran yang diharapkan mampu memperbaiki sistem pendidikan yang telah
berlangsung selama ini. Salah satu tolok ukur keberhasilan guru adalah bila
dalam pembelajaran mencapai hasil yang optimal. Keberhasilan ini sangat dipengaruhi oleh kemampuan guru untuk mengelola
proses belajar mengajar.
Komunikasi dua arah secara timbal balik
sangat diharapkan dalam proses belajar mengajar, demi tercapainya interaksi
belajar yang optimal, yang pada akhirnya membawa kepada pencapaian sasaran
hasil belajar yang maksimal. Untuk mencapai kondisi yang demikian maka
perlu adanya fasilitator yaitu guru, yang memiliki kemampuan untuk menciptakan
situasi belajar yang melibatkan siswa secara aktif sekaligus membangun motivasi
siswa. Upaya yang dapat dilakukan antara lain dengan menerapkan pembelajaran
dengan berbagai metode.
|
Materi yang akan digunakan dalam penelitian
ini adalah materi pokok klasifikasi makhluk hidup. Hal ini dilakukan dengan
pertimbangan materi ini dianggap sulit untuk dipahami oleh siswa. Selain itu,
dalam materi ini banyak terdapat nama-nama ilmiah sehingga siswa cukup
kesulitan untuk memahaminya. Pembelajaran yang akan digunakan dalam penelitian
ini adalah pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW.
Model pembelajaran kooperatif JIGSAW
mempunyai pendekatan pembelajaran yang menekankan kepada keaktifan siswa yang
berbentuk kelompok, seperti dikatakan oleh Nurhadi (2004:64) yaitu “melalui
metode JIGSAW kelas dibagi menjadi beberapa team yang anggotanya terdiri 4 atau
5 siswa dengan karakteriktik yang hoterogen.
Dalam pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW siswa
yang memiliki kemampuan rendah karena dalam pembelajaran JIGSAW semua anggota
saling membantu, demikian diungkapkan oleh Abdurrahman (1999:123) dalam
kelompok belajar semua anggota harus saling membantu, sehingga dapat membentuk
suatu hubungan yang erat yaitu dalam mempelajari klasifikasi makhluk hidup dibutuhkan
minat belajar yang tinggi. Sementara itu, dalam belajar dibutuhkan aktivitas
yang berorientasi kepada siswa, maka dapat dipahami bahwa model pembelajaran
kooperatif JIGSAW dikembangkan dalam usaha meningkatkan aktivitas siswa.
Sehubungan dengan itu jika model pembelajaran kooperatif JIGSAW diterapkan
dalam kelas diharapkan akan membawa pengaruh positif terhadap prestasi belajar
siswa.
DOWNLOAD
DOWNLOAD
0 komentar " Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup ", Baca atau Masukkan Komentar
Posting Komentar