FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPERCAYAAN KONSUMEN ATAS MEREK

(Studi pada Konsumen Pasta Gigi Merek Pepsodent di Kecamatan Jebres Surakarta)”.


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Suatu bisnis tidak akan pernah lepas dari kondisi yang dibuat persaingan bahkan untuk bisnis tunggalpun tidak akan luput dari permasalahan sekaligus tantangan ini. Persaingan, sedikit banyak telah membawa manusia memiliki pola pikir baru dan akan terus berkembang sampai pada tingkatan yang sangat rumit. Hanya sayangnya pada saat sekarang sedikit sekali orang yang mampu mendapatkan paradigma baru dalam menyikapi sebuah persaingan sehingga tindakan berbagai perusahaan cenderung terperangkap dalam satu konsep yang bahkan mengajak setiap orang untuk memasuki jalan yang tidak sehat.

1
 
Penciptaan kepuasan sehingga sampai pada tahap loyal memerlukan pengorbanan yang tidak sedikit. Hal ini disebabkan oleh banyak atribut yang berperan dalam proses penciptaan kepuasan, mulai saat kebutuhan dikenali sehingga tahap evaluasi. Ciri khas yang paling terlihat dengan adanya penurunan loyalitas pelanggan  terhadap merek pasta gigi Pepsodent adalah pembelian yang tidak berulang terhadap produk. Hanya saja perlu menjadi perhatian tersendiri bahwa dengan konsep yang sangat fundamental ini, implementasi yang terjadi akan lebih kompleks  proses membangun sebuah loyalitas diperlukan komitmen, persistensi, dan determentasi dari top manajemen sehingga jajaran staf terbawah perusahaan, sehingga setiap elemen perusahaan memahami makna terdalam dari sebuah kepuasan.
Selain komitmen perusahaan, banyak hal yang turut mempengaruhi terciptanya loyalitas, khususnya loyalitas merek yang tampak abstrak. Sayangnya sampai saat ini banyak perusahaan yang cenderung mengejar profit semata tanpa memperhatikan perlindungan akan nilai suatu merek. Tindakan memprioritaskan profit ini untuk jangka waktu kedepan justru akan menjadi ancaman ketika masa pasar bebas telah terjadi


0 komentar " FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPERCAYAAN KONSUMEN ATAS MEREK ", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar

Google+

Followers