Hal Yang Melemahkan Daya Tahan Tubuh


Setiap orang pasti tidak ingin sakit atau kesehatannya terganggu, tetapi terkadang kita masih bisa sakit juga seperti flu dan sakit ringan lainnya. Biasanya kita terserang penyakit pada saat daya tahan tubuh kita melemah.
Daya tahan tubuh setiap orang berbeda-beda, bahkan pada orang yang samapun untuk waktu yang berbeda daya tahannya berbeda pula. Oleh karena itu kita harus selalu menjaga agar daya tahan tubuh kita tetap terjaga agar terhindar dari serangan penyakit.

Beberapa hal yang melemahkan daya tahan tubuh kita:
1.      Mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak dan gula yang tinggi. Tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian besar dari kita menyukai makanan yang manis-manis dan makanan yang berlemak, padahal kelebihan mengkonsumsi gula dan lemak akan menyebabkan berkurangnya kemampuan sel darah putih untuk memerangi dan menghancurkan bakteri yang masuk ke dalam tubuh kita.
2.      Berat badan yang tidak ideal. Berat badan yang tidak ideal (kelebihan berat badan) membuat resiko terkena penyakit jantung, diabetes dan kanker semakin besar. Salah satu penyebabnya adalah kelebihan lemak di dalam tubuh kita yang berpengaruh terhadap daya tahan tubuh kita. Di mana sel lemak yang berlebihan akan memicu pelepasan zat kimia pro peradangan yang bisa berakibat pada peradangan kronis dan menyebabkan jaringan yang sehat menjadi rusak.
3.      Kurang olah raga. Di zaman sekarang ini di mana aktivitas manusia semakin banyak menyebabkan kita tidak sempat berolah raga. Pekerjaan kita menuntut untuk hanya duduk seharian di belakang meja. Padahal tubuh yang jarang bergerak akan membuat sistem daya tahan tubuh kita menurun, selain itu pula tubuh yang jarang bergerak akan membuat kegemukan karena jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh sedikit dan menumpuk menjadi lemak. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki selama 30 menit setiap hari bisa meningkatkan kadar leukosit di dalam darah kita, di mana leukosit merupakan sel sistem imunitas yang bertugas memerangi infeksi.
4.      Stres yang berlebihan. Tekanan ekonomi, tekanan pekerjaan, persaingan di zaman sekarang ini semakin tinggi yang menyebabkan jumlah orang yang mengalami stres semakin meningkat. Stres dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan turunnya daya tahan tubuh kita.
5.      Merokok. Racun-racun yang ada di dalam rokok juga sangat berpengaruh dalam menurunkan daya tahan tubuh kita.

Beberapa penjelasan tersebut di atas merupakan hal-hal yang menurunkan daya tahan tubuh kita yang harus kita hindari agar kita selalu dapat mempertahankan daya tahan tubuh kita.

0 komentar " Hal Yang Melemahkan Daya Tahan Tubuh ", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar

Followers