Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Staff Akademik Fakultas Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman


I.     PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah Penelitian
Dewasa ini, lembaga pendidikan tengah menuju kearah perbaikan dan perubahan berskala besar. Untuk meningkatkan standar dan mutu pendidikan yang lebih baik guna menghadapi era globalisasi dan persaingan dengan lembaga-lembaga pendidikan secara nasional maupun internasional, semua organisasi pendididkan berlomba-lomba meningkatkan mutu kinerjanya. Perubahan besar akan selalu berkaitan dengan penentuan strategi. Salah satu strategi yang dapat ditempuh adalah
dengan membentuk sumber daya manusia yang mampu bekerja secara bersama-sama, selain itu diperlukan kondisi lingkungan yang dapat membuat karyawan nyaman bekerja, sehingga akan dapat menciptakan suatu kelompok kerja yang solid dan memiliki etos kerja yang tinggi, dimana pada akhirnya akan membentuk sikap serta perilaku karyawan sesuai dengan visi dan misi organisasi untuk mencapai tujuannya.
Berkaitan dengan pengelolaan organisasi dalam mencapai tujuannya, Hersey dan Blanchard (2000) menyatakan bahwa pemanduan tujuan organisasi dan efektivitas mewujudkan tujuan organisasi mesti didukung oleh semua pihak dalam organisasi, inilah yang disebut ” pemanduan tujuan yang sesungguhnya ”. Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa suatu perusahaan atau organisasi dapat tercapai tujuannya dikarenakan dari aktifitas orang-orang yang menjadi anggota atau karyawannya. Mereka dapat bekerja sama dengan baik apabila mereka bekerja dengan dilandasi oleh etos kerja yang tinggi, dengan etos kerja yang tinggi ini maka tidak dipungkiri juga akan meningkatkan kinerja staff akademik.
Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di dalam universitas yang diamati oleh Adesina (1983), adalah dalam meningkatkan unsur-unsur lingkungan kerja universitas hal ini akan menciptakan suasana yang menarik yang meningkatkan sikap intelektual terhadap mengajar dan belajar. Adaralegbe (1983) dan Akuegwu (2005) menegaskan bahwa tanpa sosio-psikologis, fisik dan intelektual, staff akademik dan siswa tidak dapat melakukan kegiatan akademik mereka dengan baik yaitu jika lingkungan kerja buruk atau tidak mendukung berpengaruh pula pada kinerja staff akademik.

0 komentar " Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Staff Akademik Fakultas Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman ", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar

Google+

Followers