PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN TRADISONAL DALAM PERSEPKTIF PENDIDIKAN ISLAM INDONESIA

ABSTRAK
Diakui   atau  tidak,  Pesantren merupakan  sebuah  lembaga  pendidikan  tertua  yang meleka
dalam perjalanan kehidupan Indonesia sejak ratusan tahun yang silam dan telah banyak memberikan
kontribusi   signifikan  dalam pembangunan bangsa   ini,  karena   itu  tak  heran bila  pakar  pendidikan
sekalas  Ki  Hajar  Dewantoro   dan  Dr.   Soetomo   pernah  mencita   citakan  model   system  pendidikan
pesantren sebagai  model  pendidikan Nasional.  Bagi  mereka model  pendidikan pesantren merupakan
kreasi cerdas budaya Indonesia yang berkarakter dan patut untuk terus dipertahan kembangkan.
Karena banyak hal  yang belum  tereksplorasi  dari  pendidikan pondok pesantren  tradisona
dalam persepktif pendidikan islam indonesia, maka penelitian ini dilakukan.
Secara   spesifik   penelitian   ini   bertujuan   mendiskripsikan   Pendidikan   Pondok   Pesantren
Tradisional  dalam Perspektif Pendidikan Islam Indonesia,  mendiskripsikan visi  dan misi  pendidikan
pondok pesantren tardisional, mendiskripsikan kurikulum pendidikan pondok pesantren tradisional, dan
mendiskripsikan managemen pendidikan pondok pesantren tradisional
Hasil kajian ini selain sebagai persyaratan memperoleh gelar sarjana pendidikan Islam (SPdI
di  STAIN  Jember,   juga   diharapkan   bermafaat  bagi  pihak   pihak   terkait   sebagai  bahan   komparasi
evaluasi dan pengembangan lebih lanjut, sebagai upaya inovasi ilmiyah untuk memperbanyak kazanah
keilmuan juga sebagai masukan dan bahan pertimbangan dalam melakukan kebijakan kebijakan yang
berkaitan dengan pengembangan pendidikan.
Mengingat penelitian ini bersifat penelitian pustaka, maka data yang diperlukan dikumpulkan
melalui study dokumentasi.
Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  (1)  bahwa dalam perspektif pendidikan  Islam  Indonesia
pendidikan pondok pesantren tradisional merupakan bagian tak terpisahkan dari pendidikan nasiona
yang memberikan pencerahan bagi  peserta didik  secara  integral,  baik kognitif   (knowlagde),  afekti
(attucude)  maupun   psikomotorik   (skill),   (2)  Bahwa   visi   dan  misi   pendidikan   pondok   pesantren
tradisional dalam persepktif pendidikan islam indonesia adalah :  Pertama, menekankan pada prinsip
asasul khomsah atau panca jiwa, yakni keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukuwah islamiyah dan
kebebasan.  Kedua,  pola  relasi  kiai  dengan  santri   tidak  sekedar  bersifat   fisikal,   tetapi   juga bersifa
batiniyah.Ketiga, pendidikan pondok pesantren selain diarahkan pada transmisi ilmu ilmu keislaman
pemeliharaan  tradisi  Islam dan reproduksi  ulama’,   juga dimaksudkan menjadi  alternatif bagi  People
centered development,  Value  oriented development,   Institution development  dan Self   reliance   and
sustainability.   (3)  Bahwa kurikulum pendidikan pondok pesantren  tradisonal   saat   ini   tidak  sekeda
fokus  pada  kita  kitab klasik  (baca   :   ilmu  agama),   tetapi   juga  memasukkan  semakin banyak mata
pelajaran dan keterampilan umum, saat ini di pendidikan pondok pesantren dikhotomi ilmu mulai tidak
populer.   (4)  Bahwa   dari   sisi  managemen   kelembagaan,   di   lembaga   pendidikan   pondok  pesantren
tradisional   saat   ini   telah   terjadi   perubahan  mendasar,   yakni   dari   kepeminpinan   yang   sentralistik
hirarkis  dan  cenderung  singgle   fighter  berubah menjadi  model  managemen kolektif   seperti  mode
yayasan.
Rekomendasi dalam skripsi ini adalah (1) karena peran lembaga pendidikan pondok pesantren
tradisional   sangat   penting   dalam menjawab   krisis   kerohanian  manusia  modern,   atau   paling   tidak
sebagai   balance   terhadap   kecenderungan   pola   hidup   hedonistik   dan   ketidak   jujuran,   maka
keberadaannya perlu mendapat dukungan yang lebih serius dari semua pihak. (2) Karena kesuksesan
manusia lebih banyak ditentukan oleh faktor EQ dan SQ, sedangkan SQ merupakan aspek utama yang
menjadi  focus dari  pendidikan pondok pesantren  tradisional,  maka direkomendasikan kepada semua
pihak untuk terus mengembangkan pendidikan hati demi memperoleh kesuksesan hidup yang hakiki
(3)   Karena   aktifitas   pendidikan   pondok   pesantren   tradisional   sejak   awal   kelahirannya   mampu
berkembang   positif   di  masyarakat   bahkan  mempunyai   kontribusi   vital   tidak   saja   dalam  dimensi theologis tetapi juga sosial sebagai lokomotif utama dalam pencerahan masyarakat, maka tentu saja ia
merupakan hazanah dan kekayaan nasional yang patut dilestarikan di bumi nusantara tercinta ini.


DOWNLOAD

0 komentar " PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN TRADISONAL DALAM PERSEPKTIF PENDIDIKAN ISLAM INDONESIA ", Baca atau Masukkan Komentar

Poskan Komentar

Google+

Followers