MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MERINGKAS ISI BACAAN DENGAN PENDEKATAN JIGSAW


(Penelitian Tindakan Kelas pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V
SD Negeri 6 Kujangsari Kecamatan Langensari Kota Banjar
Tahun Pelajaran 2008/2009)

A.  Latar Belakang Masalah
 Menurut Undang-Undang Pendidikan Nasional no. 20 tahun 2003 pasal 1 ayat 1 dijelaskan bahwa :
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif  mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, mengendalian diri, kepribadian kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya masyarakat bangsa dan negara.

 Sesuai dengan definisi pendidikan tersebut bahwa dalam  suasana belajar dan proses pembelajaran, siswa memiliki peranan utama di dalamnya yaitu kegiatan aktif dalam rangka mengembangkan makna atau pemahamannya. Guru mempunyai tanggungjawab untuk menciptakan situasi yang mendorong  prakarsa, motivasi, dan tanggungjawab siswa untuk belajar.
Berlakunya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menuntut perubahan paradigma dalam pendidikan dan pembelajaran, khususnya pada jenis dan jenjang formal (persekolahan). Salah satu perubahan paradigma pembelajaran tersebut adalah  orientasi pembelajaran  yang semula berpusat pada guru (teacher centered) beralih berpusat pada siswa (student centered).Hal tersebut dimaksudkan untuk memperbaiki mutu pendidikan, baik dari segi proses maupun hasil pendidikan.
Sekolah dalam konteks pendidikan merupakan lembaga pendidikan formal yang mempunyai program sistemik dalam melaksanakan bimbingan, pengajaran dan latihan kepada siswa agar mereka berkembang sesuai dengan potensinya. Sekolah merupakan wadah untuk mendidik dan mengembangkan siswa untuk belajar dan berpikir tentang banyak hal, salah satunya adalah belajar bahasa Indonesia.
Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa melalui empat aspek keterampilan berbahasa. Keempat aspek keterampilan berbahasa tersebut adalah berbicara, menyimak menulis dan membaca. Menurut  Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan salah satu Kompetensi Dasar menulis yang harus dikuasai siswa kelas V  yaitu siswa mampu “meringkas isi bacaan yang dipilihnya sendiri dengan memerhatikan penggunaan ejaan “ (Depdiknas,2006). Sasaran kemampuan menulis ringkasan isi bacaan yaitu siswa dapat menemukan dan menuliskan pokok permasalahan informasi yang disajikan dalam bacaan yang berguna bagi perkembangan pengetahuannya. Hal ini sesuai dengan manfaat meringkas menurut Sudarmanto (dalam Yamin,M.,2007:154), yaitu : “(1). Membantu mengingat ide atau fakta, (2). Membedakan ide atau gagasan yang berlawanan, (3). Mempertanyakan kebenaran dan ketepatan pernyataan, (4). Menaruh perhatian pada bagian yang memiliki bobot dan makna penting”.
Pada kenyataannya di lapangan, hasil evaluasi dalam pembelajaran menulis ringkasan isi  bacaan menunjukan hasil yang mengecewakan, sebagian besar siswa tidak mampu dan tidak paham dalam menuliskan ringkasan isi bacaan. Hal ini tercermin dari hasil ringkasan siswa yang salah baik dari segi ketepatan isi maupun dalam hal tulisannya. Berdasarkan hasil  kajian peneliti, terhadap kurangnya kemampuan siswa dalam menulis ringkasan isi bacaan, ternyata siswa kurang dilibatkan secara aktif dan tidak ada interaksi yang berkualitas dalam pembelajaran. Siswa ditugaskan secara mandiri dan dituntut untuk menulis bahan ringkasan yang banyak dalam hal ini isi bacaan sehingga ringkasannya pun tidak sesuai dengan isi bacaan. Hal ini tampak pada hasil ringkasan siswa ketika meringkas penggalan bacaan berikut :
Dani berusaha untuk duduk dengan tenang di ruang tunggu. Gejolak di dada dia tutupi dengan bersiul pelan-pelan. Pura-pura, dia tidak menghadapi sebuah peristiwa besar. Padahal dia betul-betul tidak tenang. Sebentar-sebentar, dia mengeluarkan sapu tangan untuk mengelap keringat yang mengalir di wajahnya. Keringat itu semakin banyak karena hawa panas di saat itu.

DOWNLOAD


0 komentar " MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MERINGKAS ISI BACAAN DENGAN PENDEKATAN JIGSAW ", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar

Google+

Followers