KENDALA-KENDALA DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN SOSIOLOGI

Studi Kasus Pada Guru-Guru Sosiologi Di SMA Negeri
Kabupaten Wonosobo

Abstrak

Febiana Fituria. 2007.  Kendala-kendala Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran
Sosiologi (Studi Kasus Pada Guru-guru Sosiologi  di SMA Negeri Kabupaten
Wonosobo).  Jurusan Sosiologi dan Antropologi. Fakultas Ilmu Sosial.
Universitas Negeri Semarang. 134 h
Kata Kunci : kendala, pembelajaran, guru sosiologi SMA.
Sosiologi sebagai mata pelajaran telah diajarkan di SMA sejak tahun 1994.
Guru pengampu yang berlatar belakang  pendidikan Sosiologi masih sangat
terbatas. Hal ini menyebabkan mata pelajaran Sosiologi diampu oleh disiplin

Geografi, Sejarah, Kewarganegaraan, Biologi, Ekonomi, Pertanian, dan Bahasa
Indonesia. Ketidaksesuaian latar belakang pendidikan ini tentunya akan berimbas
pada kemampuan dan kendala bagi guru  dalam pembelajaran. Oleh karena itu
permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana profil guru Sosiologi di 
SMA Negeri Kabupaten Wonosobo? (2)  Bagaimana kemampuan guru dalam
pembelajaran Sosiologi  di SMA Negeri Kabupaten Wonosobo? (3) Kendala-
kendala apa yang dihadapi guru dalam pembelajaran Sosiologi di SMA Negeri
Kabupaten Wonosobo? Adapun tujuan penelitian (1) Mengetahui profil guru
Sosiologi di SMA Negeri Kabupaten Wonosobo baik status, pendidikan maupun
pengalaman dengan tingkat pengetahuan di dalam pengembangan kegiatan
pembelajaran Sosiologi, (2) Mengetahui kemampuan guru dalam pembelajaran
Sosiologi, (3) Mengetahui kendala yang  dihadapi guru dalam pembelajaran
Sosiologi, (4) Mengetahui kendala yang  dihadapi guru dalam merencanakan
pembelajaran Sosiologi, (5) Mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam
pelaksanaan pembelajaran Sosiologi
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di SMA Negeri  sekabupaten wonosobo,
dengan metode pengumpulan data observasi, wawncara, dan dokumentasi. Subjek
penelitian ini adalah guru-guru pengampu mata pelajaran Sosiologi SMA Negeri
kabupaten Wonosobo dengan informan masing-masing kepala sekolah. Data yang
diperoleh dianalisis dan menggunakan uji validitas salah satunya dengan cara
Trianggulasi. Dalam menganalisis data penelitian ini melalui 3 tahapan yaitu:
Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 16 guru pengampu mata
pelajaran Sosiologi di SMA Negeri kabupaten Wonosobo, hanya 2 orang (12,5%)
yang berasal dari disiplin ilmu Sosiologi. Adapun yang lainnya berasal dari
jurusan Geografi, Pertanian, Ekonomi, Kewarganegaraan, Sejarah, Biologi, dan
Bahasa Indonesia. Minimnya guru yang berlatar belakang pendidikan Sosiologi
membuat Sosiologi menjadi mata pelajaran yang diampu oleh guru-guru yang jam
mengajarnya masih kurang dari kewajiban minimal perminggu. Hal ini
menyebabkan guru tersebut terbentur  dalam pengembangan pembelajaran
Sosiologi. Ada perbedaan antara guru berlatar belakang pendidikan Sosiologi dan
non Sosiologi. Di mana guru berlatar  belakang Sosiologi bukan berasal dari....



DOWNLOAD SELENGKAPNYA


0 komentar " KENDALA-KENDALA DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN SOSIOLOGI ", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar

Google+

Followers