MAKALAH : LANDASAN SEJARAH PENDIDIKAN


BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Istilah sejarah, jika dirujuk dari dua istilah lain adalah tarikh dan history. Dalam bahasa Arab pengertian sejarah dapat dirujuk dari makna istilah tarikh yaitu “keterangan yang terjadi pada masa lampau atau masa yang masih ada (H. Munawar Cholil, 1969:15) Dalarn bahasa Inggris, sejarah atau tarikh disebut history, secara umum berarti “pengalaman masa silam manusia”. Dari pengertian-pengertian tersebut, sejarah terkait dengan masa silam pengalaman manusia dalam berbagai segi Kehidupan, seperti ekonomi, sosial, poitik dan pendidikan. Dengan demikian sejarah selain memusatkan pada masa silam pengalaman manusia, juga pada masa kini pengalaman manusia. Dengan perkataan lain, sejarah mencoba memahami perkembangan pengalaman manusia dari dulu sampai sekarang.

Dari penjelasan-penjelasan tersebut di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian sejarah pendidikan ialah uraian yang sistimatis dari pada segala sesuatu yang telah difikirkan dan dikerjakan dalam lapangan pendidikan pada waktu yang telah lampau. Sejarah pendidikan menguraikan perkembangan pendidikan dari dahulu hingga sekarang.
Sejarah pendidikan merupakan bagian dari pada sejarah kebudayaan umat­ manusia, karena mendidik itu berarti pula suatu usaha untuk menyerahkan alau mewariskan kebudayaan. Dalam hubungan ini pendidikan berarti; pemindahan isi kebudayaan untuk menyempurnakan segala kecakapan anak didik guna mcnghadapi persoalan-persoalan dan harapan-harapan kebudayaannya
Tentu saja tidak semua isi kehudayaan akan kita wariskan kepada generasi muda, kepada anak-anak kita. Yang akan kita serahkan atau kita wariskan hanyalah isi-isi kebudayaan yang sesuai dengan keadaan zaman, tempat dan yang memenuhi hasrat-hasrat manusia pada zaman itu.
Untuk memajukan pendidikan suatu bangsa maka kita perlu mempelajari sejarah pendidikan itu sendiri, baik yang bersifat nasional maupun internasional. Karena dengan mernpelajari sejarah pendidikan maka kita dapat mengetahui apa yang sudah dikerjakan oleh pendahulu kita serta hasil yang diperoleh.

0 komentar " MAKALAH : LANDASAN SEJARAH PENDIDIKAN ", Baca atau Masukkan Komentar

Poskan Komentar

Google+

Followers