PIDATO DALAM RANGKA MENGHADAPI UJIAN NASIONAL


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
            Yang terhormat Ibu Hj. Rostina dan teman teman siswa kelas XII IPA B yang berbahagia. Puji dan Syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul pada kesempatan kali ini. Saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato berjudul “Persiapan Menghadapi Ujian Nasional”.

            Ujian Nasional 2012 sudah di depan mata, Ujian Nasional 2012 ini rencananya dilaksanakan pada bulan April mendatang. Ujian Nasional ini merupakan pintu gerbang untuk memasuki institusi pendidikan di jenjang yang lebih tinggi, yaitu universtas. Banyak orang gagal mencapai keberhasilan karena mereka tidak memiliki berbagai persiapan dalam menghadapi ujian. Untuk itu ada beberapa tips atau kiat agar kita berhasil dan sukses menghadapi ujian nanti.

Adapun kiat-kiat mengahadapi Ujian Nasional adalah sebagai berikut :
1.      Hadapilah ujian dengan tenang
Hadapilah ujian ini dengan sikap yang tenang dan , kita harus menyadari bahwa ujian sebagai sesuatu yang harus dihadapi dan dilalui. Sikap tenang akan memungkinkan kita menyusun rencana menentukan strategi dan menjalaninya dengan senang.
2.      Perbanyaklah berlatih mengerjakan soal dan jagalah kesehatan
3.      Belajar kelompok
Belajar kelompok merupakan salah satu cara yang dapat dipakai para siswa untuk berbagi dengan teman yang lain dalam memecahkan soal dan saling menguatkan motivasi belajar dan prestasi.
4.      Efektifkan belajar di sekolah
Masih terdapat siswa yang datang ke sekolah dan hadir di kelas dengan alakadarnya atau sekadar hadir, tidak mengoptimalisasikan semua potensi dirinya untuk meraih hasil terbaik dalam daya serap materi maupun prestasinya. Padahal jika dimaksimalkan, niscaya hasilnya akan lebih bagus kalaupun tidak ditambah dengan les-les yang lain di luar jam sekolah.
5.      Mohon doa restu dari orang tua
Mohon doa restulah pada orang tua agar kita diberi kemudahan dan kelancaran. Kedua orang tua kita akan dengan senang mendoakan putra-putrinya yang sedang berjuang menghadapi UN.
6.      Lakukan sholat malam
Untuk yang beragama islam,dapat memperbanyak solat malam,untuk memperoleh ketenangan batin.

Itulah 6 kiat mengahadapi Ujian Nasional yang dapat saya sampaikan, sebelum saya mengakhiri pidato saya pada kesempatan kali ini,saya menghimbau teman-teman agar dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi Ujian Nasional jauh-jauh hari sebelum menyesal karena kesalahan kita sendiri. Saya menyarankan agar teman-teman dapat memaksimalkan hal-hal yang telah disebutkan agar hasil Ujian Nasional yang kita dapatkan bisa maksimal. Terakhir, saya berharap semoga kita semua sukses Ujian Nasional 2012 dan lulus dengan hasil yang memuaskan.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih,
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

2 komentar :

Google+

Followers