ABSTRAK
Diakui atau tidak, Pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan tertua yang meleka
dalam perjalanan kehidupan Indonesia sejak ratusan tahun yang silam dan telah banyak memberikan
kontribusi signifikan dalam pembangunan bangsa ini, karena itu tak heran bila pakar pendidikan
sekalas Ki Hajar Dewantoro dan Dr. Soetomo pernah mencita citakan model system pendidikan
pesantren sebagai model pendidikan Nasional. Bagi mereka model pendidikan pesantren merupakan
kreasi cerdas budaya Indonesia yang berkarakter dan patut untuk terus dipertahan kembangkan.
Karena banyak hal yang belum tereksplorasi dari pendidikan pondok pesantren tradisona
dalam persepktif pendidikan islam indonesia, maka penelitian ini dilakukan.
Secara spesifik penelitian ini bertujuan mendiskripsikan Pendidikan Pondok Pesantren
Tradisional dalam Perspektif Pendidikan Islam Indonesia, mendiskripsikan visi dan misi pendidikan
pondok pesantren tardisional, mendiskripsikan kurikulum pendidikan pondok pesantren tradisional, dan
mendiskripsikan managemen pendidikan pondok pesantren tradisional
Hasil kajian ini selain sebagai persyaratan memperoleh gelar sarjana pendidikan Islam (SPdI
di STAIN Jember, juga diharapkan bermafaat bagi pihak pihak terkait sebagai bahan komparasi
evaluasi dan pengembangan lebih lanjut, sebagai upaya inovasi ilmiyah untuk memperbanyak kazanah
keilmuan juga sebagai masukan dan bahan pertimbangan dalam melakukan kebijakan kebijakan yang
berkaitan dengan pengembangan pendidikan.
Mengingat penelitian ini bersifat penelitian pustaka, maka data yang diperlukan dikumpulkan
melalui study dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) bahwa dalam perspektif pendidikan Islam Indonesia
pendidikan pondok pesantren tradisional merupakan bagian tak terpisahkan dari pendidikan nasiona
yang memberikan pencerahan bagi peserta didik secara integral, baik kognitif (knowlagde), afekti
(attucude) maupun psikomotorik (skill), (2) Bahwa visi dan misi pendidikan pondok pesantren
tradisional dalam persepktif pendidikan islam indonesia adalah : Pertama, menekankan pada prinsip
asasul khomsah atau panca jiwa, yakni keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukuwah islamiyah dan
kebebasan. Kedua, pola relasi kiai dengan santri tidak sekedar bersifat fisikal, tetapi juga bersifa
batiniyah.Ketiga, pendidikan pondok pesantren selain diarahkan pada transmisi ilmu ilmu keislaman
pemeliharaan tradisi Islam dan reproduksi ulama’, juga dimaksudkan menjadi alternatif bagi People
centered development, Value oriented development, Institution development dan Self reliance and
sustainability. (3) Bahwa kurikulum pendidikan pondok pesantren tradisonal saat ini tidak sekeda
fokus pada kita kitab klasik (baca : ilmu agama), tetapi juga memasukkan semakin banyak mata
pelajaran dan keterampilan umum, saat ini di pendidikan pondok pesantren dikhotomi ilmu mulai tidak
populer. (4) Bahwa dari sisi managemen kelembagaan, di lembaga pendidikan pondok pesantren
tradisional saat ini telah terjadi perubahan mendasar, yakni dari kepeminpinan yang sentralistik
hirarkis dan cenderung singgle fighter berubah menjadi model managemen kolektif seperti mode
yayasan.
Rekomendasi dalam skripsi ini adalah (1) karena peran lembaga pendidikan pondok pesantren
tradisional sangat penting dalam menjawab krisis kerohanian manusia modern, atau paling tidak
sebagai balance terhadap kecenderungan pola hidup hedonistik dan ketidak jujuran, maka
keberadaannya perlu mendapat dukungan yang lebih serius dari semua pihak. (2) Karena kesuksesan
manusia lebih banyak ditentukan oleh faktor EQ dan SQ, sedangkan SQ merupakan aspek utama yang
menjadi focus dari pendidikan pondok pesantren tradisional, maka direkomendasikan kepada semua
pihak untuk terus mengembangkan pendidikan hati demi memperoleh kesuksesan hidup yang hakiki
(3) Karena aktifitas pendidikan pondok pesantren tradisional sejak awal kelahirannya mampu
berkembang positif di masyarakat bahkan mempunyai kontribusi vital tidak saja dalam dimensi theologis tetapi juga sosial sebagai lokomotif utama dalam pencerahan masyarakat, maka tentu saja ia
merupakan hazanah dan kekayaan nasional yang patut dilestarikan di bumi nusantara tercinta ini.
DOWNLOAD
Diakui atau tidak, Pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan tertua yang meleka
dalam perjalanan kehidupan Indonesia sejak ratusan tahun yang silam dan telah banyak memberikan
kontribusi signifikan dalam pembangunan bangsa ini, karena itu tak heran bila pakar pendidikan
sekalas Ki Hajar Dewantoro dan Dr. Soetomo pernah mencita citakan model system pendidikan
pesantren sebagai model pendidikan Nasional. Bagi mereka model pendidikan pesantren merupakan
kreasi cerdas budaya Indonesia yang berkarakter dan patut untuk terus dipertahan kembangkan.
Karena banyak hal yang belum tereksplorasi dari pendidikan pondok pesantren tradisona
dalam persepktif pendidikan islam indonesia, maka penelitian ini dilakukan.
Secara spesifik penelitian ini bertujuan mendiskripsikan Pendidikan Pondok Pesantren
Tradisional dalam Perspektif Pendidikan Islam Indonesia, mendiskripsikan visi dan misi pendidikan
pondok pesantren tardisional, mendiskripsikan kurikulum pendidikan pondok pesantren tradisional, dan
mendiskripsikan managemen pendidikan pondok pesantren tradisional
Hasil kajian ini selain sebagai persyaratan memperoleh gelar sarjana pendidikan Islam (SPdI
di STAIN Jember, juga diharapkan bermafaat bagi pihak pihak terkait sebagai bahan komparasi
evaluasi dan pengembangan lebih lanjut, sebagai upaya inovasi ilmiyah untuk memperbanyak kazanah
keilmuan juga sebagai masukan dan bahan pertimbangan dalam melakukan kebijakan kebijakan yang
berkaitan dengan pengembangan pendidikan.
Mengingat penelitian ini bersifat penelitian pustaka, maka data yang diperlukan dikumpulkan
melalui study dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) bahwa dalam perspektif pendidikan Islam Indonesia
pendidikan pondok pesantren tradisional merupakan bagian tak terpisahkan dari pendidikan nasiona
yang memberikan pencerahan bagi peserta didik secara integral, baik kognitif (knowlagde), afekti
(attucude) maupun psikomotorik (skill), (2) Bahwa visi dan misi pendidikan pondok pesantren
tradisional dalam persepktif pendidikan islam indonesia adalah : Pertama, menekankan pada prinsip
asasul khomsah atau panca jiwa, yakni keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukuwah islamiyah dan
kebebasan. Kedua, pola relasi kiai dengan santri tidak sekedar bersifat fisikal, tetapi juga bersifa
batiniyah.Ketiga, pendidikan pondok pesantren selain diarahkan pada transmisi ilmu ilmu keislaman
pemeliharaan tradisi Islam dan reproduksi ulama’, juga dimaksudkan menjadi alternatif bagi People
centered development, Value oriented development, Institution development dan Self reliance and
sustainability. (3) Bahwa kurikulum pendidikan pondok pesantren tradisonal saat ini tidak sekeda
fokus pada kita kitab klasik (baca : ilmu agama), tetapi juga memasukkan semakin banyak mata
pelajaran dan keterampilan umum, saat ini di pendidikan pondok pesantren dikhotomi ilmu mulai tidak
populer. (4) Bahwa dari sisi managemen kelembagaan, di lembaga pendidikan pondok pesantren
tradisional saat ini telah terjadi perubahan mendasar, yakni dari kepeminpinan yang sentralistik
hirarkis dan cenderung singgle fighter berubah menjadi model managemen kolektif seperti mode
yayasan.
Rekomendasi dalam skripsi ini adalah (1) karena peran lembaga pendidikan pondok pesantren
tradisional sangat penting dalam menjawab krisis kerohanian manusia modern, atau paling tidak
sebagai balance terhadap kecenderungan pola hidup hedonistik dan ketidak jujuran, maka
keberadaannya perlu mendapat dukungan yang lebih serius dari semua pihak. (2) Karena kesuksesan
manusia lebih banyak ditentukan oleh faktor EQ dan SQ, sedangkan SQ merupakan aspek utama yang
menjadi focus dari pendidikan pondok pesantren tradisional, maka direkomendasikan kepada semua
pihak untuk terus mengembangkan pendidikan hati demi memperoleh kesuksesan hidup yang hakiki
(3) Karena aktifitas pendidikan pondok pesantren tradisional sejak awal kelahirannya mampu
berkembang positif di masyarakat bahkan mempunyai kontribusi vital tidak saja dalam dimensi theologis tetapi juga sosial sebagai lokomotif utama dalam pencerahan masyarakat, maka tentu saja ia
merupakan hazanah dan kekayaan nasional yang patut dilestarikan di bumi nusantara tercinta ini.
DOWNLOAD
0 komentar " PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN TRADISONAL DALAM PERSEPKTIF PENDIDIKAN ISLAM INDONESIA ", Baca atau Masukkan Komentar
Posting Komentar