BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar
belakang
Fenomena perkembangan abad
mutakhir menghendaki adanya suatu system pendidikan yang komprehensif. Karena
perkembangan masyarakat dewasa ini menghendaki adanya pembinaan siswa /santri
yang dilaksanakan secara seimbagan antara nilai dan sikap , pengatahuan,
kecerdasan , keterampilan , kemampuan komunikasi, dan kesadaran akan ekologi
lingkungan. Dengan kata lain, seimbang antara IPTEK (Ilmu pengetahuan dan
teknologi ) dan IMTAQ (Iman dan Takwa) yakni meliputi IQ (intelectual
Quotient), EQ (Emotional Quotient), dan SQ (Social Quotient)
Dengan tujuan menjadikan
manusia tidak hanya berintelektual tingggi, tetapi juga memilki akhlak mulia.
Maka adanya suatu penataan pendidikan islam secara kontemporer. Maka pemakalah
akan memaparkan bagaimana penataan islam secara kontemporer..
2.
Rumusan masalah
Dari uraian diatas penulis mempunyai rumusan
masalah yakni:
- Bagaimana menata Ruang Lingkup menurut format Filsafat pendidikan islam ?
- Bagaimana Konsef islam menurut format Filsafat pendidikan islam ?
- Bagaimana Dasar Pelaksanaan Filsafat menurut format Filsafat pendidikan islam ?
3.
Tujuan
Tujuan Umum
:
“Untuk mengetahui Filsafat Pendidikan
Islam.”
Tujuan
Khusus :
1. Untuk mengidentifikasi Ruang Lingkup Islam menurut format
Filsafat pendidikan islam.
2. Untuk mengetahui Konsef islam menurut format Filsafat pendidikan islam.
3. Untuk mengetahui Dasar Pelaksanaan Filsafat pendidikan islam
4. Memenuhi salah satu tugas mata
kuliah filsafat pendidikan islam.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1. PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP
FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM
A. Pengertian filsafat
Pendidikan Islam
Istilah "filsafat" dapat ditinjau dari dua segi,
yakni:segi semantic: kata filsafat berasal dari bahasa arab
"falsafah" yang berasal dari bahasa yunani,"fhilosophia",
yang berarti philos artinya cinta,suka dan Sophia artinya
pengetahuan,hikmah.jadi "philoshopia"berarti cinta kepada
kebijaksanaan,kearifan atau cinta kepada kebenaran.
Segi
praktisnya:filsafat berarti alam pikiran.filsafat adalah hasil akal manusia
yang mencari dan memikirkan suatu kebenaran dengan sedalam-dalamnya.Dengan kata
lain filsafat adalah ilmu yang mempelajari dengan sunguh-sunguh hakikat
kebenaran segala sesuatu.
Berbagai pendapat para ahli yang mencoba merumuskan
pengertianfilsafat pendidikan islam.Muzayyin Arifin bependapat tentang filsafat
pendidikan islam adalah konsep berfikir tentang kependidikan yang bersumberkan
atau berlandaskan ajaran-ajaran agama islam hakekat kemampuan manusia untuk
dapat dibina dan dikembangkan serta dibimbing menjadi manusia muslim yang
seluruh pribadinya dijiwai oleh agama islam.Definisi ini memberi kesan bahwa
filsafat pendidikan islam sama dengan filsafat pada umumnya.Dalam arti bahwa
filsafat pendidikan islam mengkaji tentang berbagai masalah yang ada
hubungannya dengan pendidikan,seperti manusia sebagai subyek dan obyek
pendidikan,kurikulum,metode,lingkungan,guru,dan sebagainya.Bedanya dengan
filsafat pendidikan pada umumnya adalah bahwa didalam filsafat pendidikan
islam,semua masalah kependidikan tersebut selalu didasarkan pada ajaran islam
yang bersumberkan al-quran da al-hadist.Denag kata lain bahwa kata islam yang
mengiringi kata filsafat pendidikan itu menjadi sifat,yakni sifat dari filsafat
pendidikan tersebut.
Ahmad d.marimba mengatakan bahwa filsafat pendidikan islam
bukanlah filsafat pendidikan tanpa batas.
Adapun pendapat Omar Muhammad al-tomy al-saibany: menurutnya
bahwa filsafat pendidikan islam tidak lain ialah pelaksanaan pandangan filsafat
dari kaidah filsafat islam dalam bidang pendidikan yang didasarkan dalam
ajaran islam.
Dari
pendapat-pendapat diatas dapat kita ketahui bahwa filsafat pendidikan islam itu
merupakan kajian secara filosofis mengenai berbagai masalahyang terdapat dalam
kegiatan pendidikan yang didasarkan pada al-quran dan al-hadist sebagai sumber
primer,dan pendapat para ahli, khususnya para filosofis muslim,sebagai sumber
sekunder.Selain itu filsafat pendidikan islam dapat pula dikatakan suatu upaya
menggunakan jasa filsafat,yakni berfikir secara mendalam,sistematik.Filsafat
pendidikan islam secara singkat dapat dikatakan adalah filsafat pendidikan yang
berlandaskan ajaran islam atau filsafat pendidikan yang di jiwai oleh ajaran
islam.Jadi ia bukan filsafat yang bercorak liberal,bebas, tanpa batas etika
sebagaimana dijumpai dalam pemikiran filsafat pada umumnya.
mantap shere makalahnya agan.. kungan balik ya www.fileskripsi.com
BalasHapus