BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Teori
belajar selalu bertolak dari sudut pandangan psikologibelajar tertentu. Dengan
perkembangannya psikologi dalam pendidikan, maka berbarengan dengan itu
bermunculan pula berbagai teori tentang belajar, justeru dapat dikatakan bahwa
dengan tumbuhnya pengetahuan tentang belajar. Maka psikologi dalam pendidikan
menjadi berkembang sangat pesat. Didalam masa perkembangan psikologi pendidikan
dijaman mutakkhir ini muncullah secara beruntun beberapa aliran psikologi
pendidikan, masing-masing yaitu :
- Psikologi
Behavioristik
- Psikologi
Kognitif, dan
- Psikologi
Humanistic.
B. Permasalahan
Dari ketiga
aliran psikologi tersebut, behavioristik adalah merupakan salah satu aliran
yang dimiliki oleh Edward Lee Thorndike sehingga dalam makalah ini penulis akan
mengangkat tentang :
1. Biografi
Edward Lee Thorndike
2. Bagaimana
teori-teori Edward L.T. ?, dan
3. Apa
saja hukum-hukum yang digunakan Edward L.T. ?
C. Batasan
Masalah
Dalam
pembahasan masalah, penulis membatasi ruang lingkup hanya pada ketiga aspek
tersebut diatas.
D. Tujuan
Penulisan
Adapun
tujuan penulisan makalah ini yaitu untuk menambah wawasan pengetahuan
mahasiswa/mahasiswi pada muta kuliah psikologi pendidikan terutama tentang
pemikiran dan teori-teori Edward Lee Thorndike sesuai dengan makalah yang
penulis susun.
0 komentar " TEORI BELAJAR MENURUT EDWARD LEE THORNDIKE ", Baca atau Masukkan Komentar
Posting Komentar