TEORI BELAJAR MENURUT EDWARD LEE THORNDIKE


BAB I
PENDAHULUAN 

A.     Latar Belakang
Teori belajar selalu bertolak dari sudut pandangan psikologibelajar tertentu. Dengan perkembangannya psikologi dalam pendidikan, maka berbarengan dengan itu bermunculan pula berbagai teori tentang belajar, justeru dapat dikatakan bahwa dengan tumbuhnya pengetahuan tentang belajar. Maka psikologi dalam pendidikan menjadi berkembang sangat pesat. Didalam masa perkembangan psikologi pendidikan dijaman mutakkhir ini muncullah secara beruntun beberapa aliran psikologi pendidikan, masing-masing yaitu :
-         Psikologi Behavioristik
-         Psikologi Kognitif, dan
-         Psikologi Humanistic.
B.     Permasalahan
Dari ketiga aliran psikologi tersebut, behavioristik adalah merupakan salah satu aliran yang dimiliki oleh Edward Lee Thorndike sehingga dalam makalah ini penulis akan mengangkat tentang :
1.      Biografi Edward Lee Thorndike
2.      Bagaimana teori-teori Edward L.T. ?, dan
3.      Apa saja hukum-hukum yang digunakan Edward L.T. ?
C.     Batasan Masalah
Dalam pembahasan masalah, penulis membatasi ruang lingkup hanya pada ketiga aspek tersebut diatas.
D.    Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan makalah ini yaitu untuk menambah wawasan pengetahuan mahasiswa/mahasiswi pada muta kuliah psikologi pendidikan terutama tentang pemikiran dan teori-teori Edward Lee Thorndike sesuai dengan makalah yang penulis susun.

0 komentar " TEORI BELAJAR MENURUT EDWARD LEE THORNDIKE ", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar

Followers